Lakukan Ini untuk Keamanan Daring

10:35 Unknown 0 Comments

Beberapa tahun yang lalu Edward Snowden menggegerkan sejagat karena berhasil membocorkan aktivitas pengintaian Amerika terhadap beberapa petinggi negara lain. Hal ini tentu mengingatkan kepada kita semua bahwa bermain internet secara privasi tentulah tidak aman. 

Bulan Desember 2016 kemarin, saya bersama Mr. Ken, pelancong (usia sekitar 70an tahun) keturunan Jepang namun berkebangsaan Amerika, duduk bersama berdiskusi di tepi pantai Pulau Maratua, sebuah pulau terluar NKRI yang banyak digandrungi oleh pelancong berduit. Beliau menghabiskan waktunya untuk masa pensiun dan berlibur di pelbagai wilayah di belahan bumi termasuk Indonesia. Percakapan kami terus berlanjut hingga kami memiliki kecocokan yang sama di bidang kelautan karena kenyataan beliau lulusan doktoral kebijakan laut. Karena ada beberapa file yang ingin saya gandakan dari beliau, kami berdua kembali mengambil laptop di penginapan masing-masing. Setelah itu kembali ke meja semula di pantai. Sejenak setelah membuka laptop, ada kesamaan pada laptop kami yaitu sticky note yang menutupi kamera komputer jinjing kami dan juga kamera depan gawai pintar kami. Ya, kami ternyata sama dalam menjaga privacy meskipun hal ini sedikit aneh bagi orang lain. Mungkin begitulah prolognya kenapa tetiba saya ingin membuat tulisan ini. Apabila rekan-rekan ingin menjaga keamanan anda dalam berinteraksi dalam dunia maya maka ada beberapa hal yang anda bisa lakukan seperti berikut ini:
1. Sticky Note untuk menutup kamera yang terkoneksi dengan internet. 
Gambar 1. Penggunaan Sticky Note pada kamera depan gawai.

    Tentu tidak mesti dilakukan permanen karena terkadang anda akan memakainya apabila ingin melakukan komunikasi tatap muka baik untuk kolega anda ataupun yang terutama keluarga anda dari kejauhan. Saya menyarankan rekan-rekan untuk mengggunakan sticky note (bagian perekat) untuk menutupi kamera anda dengan cara menggungting kertas tersebut seukuran kamera gawai. Kertas ini hanya melekat seadanya pada kamera anda namun tetap bertahan lama. Apabila anda ingin memakainya maka bisa dilepas dengan mudah tanpa merusak kamera gawai. 
2. Berselancar menggunakan TOR
Aplikasi ini bisa anda dapatkan website TOR dengan cara download. Perangkat lunak tersebut bisa diinstal dengan hanya beberapa langkah. Mengapa sih mesti TOR? Nah, aplikasi ini membebaskan anda dari spy atau melindungi privasi anda saat berselancar di dunia maya dengan cara membentengi diri anda dari jaringan pengawasan yang tak terdeteksi dan analisis trafik. Ada banyak kelebihan browser ini tanpa saya harus saya beberkan dalam artikel ini. 
Image result for tor browser logo
Gambar 2. Logo TOR (Sumber: torproject.org)
3. Pikir terlebih dahulu sebelum klik sebuah tautan
Demi keamanan saat ini, maka hindarilah untuk mengklik tautan sembarangan. Hindari sama sekali membuka link yang dikirim oleh orang yang tidak anda kenal. Apabila anda bekerja di perusahaan besar atau pemerintahan, hal ini tentu sangat beresiko yang bukan hanya beresiko untuk pada diri anda tetap juga tempat dimana anda bekerja. Link tersebut mampu mengambil informasi personal (pasaword, detail kartu kredit dll) dan mendownload Malware pada komputer anda. Usaha para hacker untuk menjebak anda ini disebut Phising  dan pelakunya disebut Phise. Setidaknya dalam setiap menit selalu ada korban terjebak seperti pada tautan tersebut dan mengalami kerugian (Sumber: McAfee, 2017).
4. Sistem Operasi TAILS


Sistem operasi ini merupakan software open source yang dibuat oleh anonim developer yang dioptimalkan dalam rangka penyamaran identitas pengguna di dunia online (Natgeo, 2016). Berdasarkan informasi yang ada bahwa software ini sepenuhnya dimuat dalam media eksternal misalnya Flash Disk (kurang lebih 2 GB) untuk melakukan booting komputer. Tails tentunya tidak menyimpan data secara lokal sehingga kebal terhadap mata-mata dan juga komputer anda tidak meninggalkan jejak apabila dikemudian hari diperiksa. Untuk OS ini saya belum menggunakannya karena masih terbiasa dengan windows 10.

Image result for tails os logo
Gambar 3. Logo Tails (Sumber: ommons.wikimedia.org)

You Might Also Like

0 comments: