Belajar IELTS di Pare melalui Jalur Privat, Kenapa Tidak?

21:09 Baso Hamdani 8 Comments

Selain harga kursusan di Pare sangat terjangkau juga mereka menawarkan kualitas yang lebih. Di daerah yang dikenal kampung Inggris tersebut telah menampung sekitar lebih dari 300an tempat kursus, maka bisa dibayangkan seberapa jauh persaingan bisnis bahasa di kawasan wisata bahasa tersebut. Alhasil, mereka harus memperbaiki kualitas pelajaran yang diberikan untuk berkompetisi atau kalau tidak, bakal mati ditelan waktu.

Desa ini telah menarik pengunjung bukan hanya dari Sabang hingga Merauke tetapi juga dari negara-negara lain seperti Jepang, Uzbekistan, Malaysia dan lain-lain. Nah, bisa diperkirakan kan seberapa jauh sih kualitas belajar bahasa di tempat ini. Selain itu, pengajar disini terdiri dari tutor lokal, nasional maupun native speaker itu sendiri. Untuk anda yang ingin fokus salah satu bagian yaitu IELTS maka ada baiknya anda memilih kelas privat. Kenapa? Ya lagi-lagi sebagai customer kita mencari kualitas yang baik dengan harga yang jauh lebih murah. Bisa gak sih? Ya bisa, seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa belajar IELTS dengan cara privat lebih bagus dan juga efektif. 

Untuk lebih detail berikut kelebihan dan kekurangan belajar IELTS secara privat:
Kelebihan:

1. Kualitas yang memumpuni. 
Hampir semua tutor yang mengajar privat memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih dibandingkan tempat kursusan yang target utamanya adalah kapital. Tutor privat memiliki latar belakang yang baik, entah itu adalah senior pengajar dari lembaga kursusan di Pare, ex-penerima beasiswa luar negeri atau bahkan mahasiswa master yang lagi libur untuk datang mengajar privat di Pare. Dibandingkan dengan kelas di kursus biasa, beberapa dari mereka memiliki kemampuan yang hampir sama dengan anda yang baru datang, hanya saja bedanya mereka diberi bekal dari 3 atau 6 bulan karena beberapa kursusan merekrut tutor dengan waktu pelatihan seperti itu. Gak mau kan, jeruk makan jeruk.

2. Murah tapi gak murahan.
Saya percaya bahwa kualitaslah yang akan berbicara. Populernya kelas privat di Pare memang karena kualitas yang diberikan. Jumlah siswa di kelas privat biasanya sedikit dan bisa dipastikan setiap student memiliki waktu untuk dikoreksi secara detail seperti Task Response, Coherence, Lexical Resource dan Grammar. Sepengalaman penulis, kelas reguler IELTS tidak memberikan waktu dan atensi yang banyak pada dua section penting yaitu Speaking dan Writing. Padahal, bagian ini merupakan bagian sulit bagi sebagian besar pembelajar IELTS. Harga? Kelas reguler bisa mencapai 3.5 juta dan privat sudah pasti sangat jauh dibawah harga yaitu 200an per bulan atau paling mahal satu juta untuk semua section.

3. Kelas yang tidak ramai. 
Sebagai IELTS cathcer tentu kelas ramai bukanlah tempat yang recommended buat anda karena anda lebih butuh banyak fokus. Bandingkan dengan kelas kursus IELTS biasa. Bahkan satu kelas bisa 30 siswa lebih dan belajar di pinggir jalan raya.

Kekurangan:

1. Pengaturan Kelas yang Sulit.
Beda tutor berarti beda jadwal belajar. Anda mesti jeli mengatur waktu karena kemungkinan ada beberapa tutor privat yang memiliki jadwal yang sama dengan tutor lainnya.

2. Pendaftaran Anda Belum Tentu Diterima.
Kemampuan siswa sangat beragam dalam belajar IELTS, selain itu jumlah tutor privat tidak sebanding dengan banyaknya siswa yang ingin belajar. Maka, hal yang wajar ketika tutor hanya memilih siswa yang memiliki performance yang baik di kelas persiapan atau berdasarkan rekomendasi dari siswa atau tutor lainnya. 

Solusi:

1. Kontak teman
Bila anda memiliki teman yang sedang belajar di Pare, maka mintalah teman anda untuk mencari informasi tentang kursus privat atau teman yang pernah belajar di Pare. Kamu juga menghubungi saya di email untuk konsultasi. Gratis kok. Baik mengenai kontak person tutor, pendaftaran dan jadwal. Pastikan hal ini sebelum datang di Pare agar anda belajar cepat dan efektif. Kamu gak mesti menghabiskan waktu 10.000 jam untuk menguasai sebuah skill termasuk IELTS. Yang kamu butuh adalah belajar yang efektif.

2. Kontak Tutor
Setelah memastikan dari teman anda, maka kontak tutor privat atau kontak person dimana anda ingin belajar. Tutor privat gak keberatan untuk dikontak melalui telpon atau WA namun sebaiknya anda sms terlebih dahulu. Di beberapa kursusan privat, mereka sudah memiliki admin jadi gak mesti kontak tutornya langsung yang lagi ngajar misalnya.

3. Manajemen Waktu
Setiap kenaikan band 0.5 dibutuhkan sekitar satu bulan (itu kalau efektif ya). Maka apabila teman-teman memiliki skor awal band 5 maka setidaknya anda membutuhkan waktu belajar IELTS selama 3 bulan untuk mendapatkan skor 6.5. Namun, kebanyakan dari teman-teman yang sudah pernah belajar di Pare memiliki waktu yang lebih dari 3 bulan. Kalau anda hanya memiliki waktu kurang dari itu maka belajar dengan sangat giat dan efektif serta pastikan general english anda sudah baik. Apapun itu tetaplah optimis. Keberuntungan dan doa kamu juga sangatlah berpengaruh. 

Well, sudah taukan plus minus dari kelas privat tapi menurut penulis yang pernah membandingkan kelas reguler dan privat maka akan lebih baik belajar secara privat khusus untuk belajar IELTS di Pare. Nah, sebagai bagian terakhir saya akan menulis pengalaman saya dan rekomendasi saya tentang tutor di Pare

1. Warung IELTS
Warung IELTS atau lebih dikenal dengan tutor Bang Ali. Pengajaran yang diberikan menurut saya dalam kategori Luar Biasa. Dari metode, isi, logika, keefektifan belajar serta suasana belajar sangat bagus. Beliau mengajar semua section IELTS kecuali speaking. Sangat jarang tutor yang mengajar privat untuk bagian reading dan listening. Untuk teman-teman yang mau mengambil kedua kelas tersebut maka ada baiknya ambil sama Bang Ali. Selain itu, kelas writing bang Ali juga tidak kalah bagusnya. Skill dalam IELTS akan diberikan dengan semaksimal beliau dimana patokan anda bakal berkiblat pada IELTS band 9. Luar biasa bukan.

2. Ms Jun
Sudah sangat lumrah bagi teman-teman yang mengambil kelas privat di Pare bahwa Ms Jun adalah The Great Tutor for Writing dibekali dengan skill dan pengalaman mengajarnya di salah satu lembaga besar di Pare selama bertahun-tahun. Selain itu, beliau juga lulusan Fullbright, Beliau fokus pada section writing sehingga saya sangat merekomendasikan untuk mengambil kelas writing sama beliau terutama pada bagian Practice. Persiapin diri anda karena tidak mudah memiliki seat untuk belajar writing di kelas beliau atau setidaknya anda memiliki performance yang baik dalam kelas Grammar for Writingnya terlebih dahulu.

3. Ms Anfa
Ketika tutor teman-teman berasal dari jurusan bahasa inggris maka apa yang ada dibenak? tentu bahwa beliau memang bagus dalam hal bahasa inggris selain karena kemampuan yang dimiliki juga karena latar belakang Ms Anfa. Ada dua pilihan yang bisa anda pelajari dari beliau yaitu Speaking dan Writing. Durasi waktu belajar dari Ms Anfa biasanya lebih lama dari yang lain.

4. Mr Alex
Mahasiswa Program Master dari Belanda ini sudah tentu memiliki skill IELTS yang baik. Beliau mengajarkan semua section dalam IELTS namun berdasarkan teman-teman yang telah mengambil kelasnya. Kelas speaking for IELTS lebih baik untuk membangun skill, begitupula dengan writing. Dalam kelas speaking anda akan dibubuhi skill yang dibutuhkan untuk IELTS. Pembelajarannya lebih berbeda dari yang lain dan menurut saya sangat baik untuk mendongkrak nilai speaking IELTS anda hanya dua minggu.

5. Mrs Tika
Beliau adalah tutor yang luar biasa untuk speaking. Aksen dan caranya berbahasa sudah mirip native speaker jadi jangan heran bila anda mengambil kelas speaking for IELTS memiliki standar yang sangat tinggi. Selain itu dalam kelas beliau, pelajaran anda akan diselipkan mengenai cara pengucapan huruf atau IPA yang sulit bagi orang Indonesia serta membangun culture tata bahasa anda. 


Saran:
  1. Apabila anda ingin fokus kelas writing maka anda bisa memulai membangun skill di Bang Ali kemudian lanjut practice dengan Ms Jun dan Ms Anfa. Jangan lupa bila grammar anda masih belepotan maka pertajam dulu di kelas grammar for writing dari Ms Jun
  2. Apabila anda ingin fokus Speaking for IELTS maka ada baiknya bangun skill di Mr Alex selama minimal dua minggu kemudian lanjut sama Ms Tika untuk practice selama dua minggu. Anda juga bisa memperbanyak jadwal belajar di Ms Anfa yang juga sangatbaik.
  3. Ingat setiap tutor privat memiliki kelebihan dan tinggal anda beradaptasi sesuai kebutuhan anda. 
  4. Untuk mengambil kelas reading dan listening maka menurut saya yang recommended adalah Bang Ali dan bila butuh waktu perpanjangan bisa diajar Mr Alex apabila beliau masih di Pare. 

You Might Also Like

8 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Halo. Makasih infonya. Kira2 tutor2 tersebut mengajar di 1 lembaga? Boleh minta kontaknya? Sy rencana mau ke sana akhir desember ini.
    Thanks

    ReplyDelete
  3. 085718211653, hubungi sy aja hera, sy msh di Pare dan sedang ambil kursus di Warung Ielts dan Ms. Tika

    ReplyDelete
  4. Bisa tanya2 gk mas..., saya mau ke pare akhir februari ini

    ReplyDelete
  5. Halo mas Baso Hamdani,

    Saya tertarik untuk kursus privat di Pare, dan sepertinya programnya lumayan menarik.
    Bolehkah meminta alamat email masing-masing pengajar privat tersebut diatas?
    Atau mungkin nomor HP nya.

    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Halo salam kenal. Saya berencana ke pare, dan saya tertarik untuk privat dg miss. Jun, bagaimana saya bisa menghungi beliau? Terima kasih

      Delete
  7. Halao saya berencana ke pare akhir bulan ini. Saya berencana fokus ke meningkatkan skill writing saya. Bolehkah saya minta kontak miss jun? Ato dimanakah saya bisa menemukan beliau? Dari lembaga apakah? Terima kasih

    ReplyDelete