Akses Murah ke Pulau Kapoposang

17:34 Unknown 0 Comments

basohamdani.com - Akses Murah ke Pulau Kapoposang | Kapoposang… 
        Kultum dulu gak apa2 ya sob : Hiii traveler n avonturir... Masih ingat kan etika petualang jadi ini berlaku juga untuk di laut. Jangan ambil sesuatu kecuali gambar, jangan bunuh sesuatu kecuali waktu, jangan tinggalkan sesuatu kecuali jejak. Keindahan adalah sebuah keajaiban jadi jangan biarkan dia rusak oleh tangan jahil.  Jadi sbg traveler yang baik JAGA KEINDAHAN ALAM ITU, mulai dari hal kecil jangan buang sampah sembarang tempat, jangan injak karang, menghargai adat istiadat dll.   
Ok, Time to explain. Ini dia informasi seputar akses ke pulau yang indah yaitu pulau Kapoposang. Tempat ini mungkin asing bagi mereka yang tidak biasa berteman dengan laut. Namun bila anda backpacker atau petualang bahari hingga peneliti. Kapoposang menjadi surga bagi Anda. Pemandangan yang terindah mulai dari daratannya hingga bawah lautnya. Apabila anda sudah banyak tahu mengenai kapoposang atau pun anda tidak tahu sama sekali. Sedikit gambaran tentang kepulauan kapoposang.
       Berikut saya paparkan sedikit sobat. Kapoposang adalah pulau yang berpantai pasir putih bersih, dihiasi oleh kelapa dan pohon cemara dengan masyrakat suku bugis yang ramah. Jaraknya sekitar 70 km dari makassar. Wilayah kapoposang termasuk dari jajaran Pangkajene dan Kepulauan (Kab. Pangkep). Departemen Kehutanan telah meresmikan Kepulauan Kapoposang sebagai Taman Wisata Perairan yan terdiri dari tiga pula yang berpenghuni yaitu Pulau Kapoposang, Pulau Papandangan, dan Pulau Gondongbali. Sedangkan yang tidak berpenghuni yaitu Pulau Suranti, Pulau Pamanggangan, dan Pulau Tambakulu. Pulau Kapoposang sendiri memiliki ingkungannya pun masih asli dan bersih, anda akan sulit mendapat sampah yang berserakah dan anda bisa menyelusuri jalan setapak dengan lampu jalan yang berasal dari hasil tenaga surya. Belum lagi keindahan bawah lautnya yang menyimpan keaslian. Terumbu karang, penyu, kima dan bahkan hiu paus (bersahabat koq sobat sepanjang kalian ramah juga menjaga tempat mereka) dan bila anda beruntung bisa disaksikan secara langsung coy.

Panorama of Kapoposang Island
Akses ke pulau ini tidak main menit, kecuali pake helikopter mungkin ya, Akses dengan perahu kira-kira membutuhkan waktu 5 jam. Pemandangan yang indah tentunya berbanding lurus dengan biaya yang harus dikeluarkan. Siap2 menerawang kaca air yang jernih bro... Air lautnya super jernih.
Sayangnya untuk akses kesana kita harus mengeluarkan budget yang tidak sedikit .Bagaimana tidak, kita diharuskan menyewa kapal paling murah adalah 1,2 juta belum termasuk makan. Mmm… suatu harga yang fantastis bagi para traveler apalagi kita dalam kondisi kanker (Kantong Kering). Tapi….. itu sih dulu. Sekarang saya akan berbagi mengenai tips murah ke kapoposang untuk mengakses surga bahari di pulau celebes ini. Simak baik-baik ya cara termurah ke pulau kapoposang:
1. Arahkan perjalanan anda ke daerah pelabuhan paotere, Makassar anda akan menggunakan kapal tradisional yang dipakai bukan terletak di pelabuhan besar paoterenya melainkan memilih area kanal tempat dimana perahu’jolloro’ (perahu tradisional makassar) berlabuh. Tempatnya skitar 30 meteran dari gerbang pelabuhan paotere.
2. Pilih kapal yang ingin ke pulau Gondong Bali, kepulauan Kapoposang harus diketahui bahwa kepulauan kapoposang masuk kabupaten pangkep. Harga yang harus dibayar kesana adalah Rp. 25.000 sekali pergi. Untuk jadwal kapal ke pulau gondong bali biasanya hari Rabu dan Sabtu dengan jadwal berangkat ke pulau yaitu pukul 10:00 pagi memerlukan waktu 5 jam untuk sampai yaitu pada pukul 15:00. Sekedar bocoran info nama pemilik kapal ato kaptennya pak Taufik, info ini seharusnya anda ketahui karena hanya satu kapal yang berangkat kesana.
3. Sesampai di pulau gondong bali yang telah masuk kepulauan Kapoposang namun intinya yaitu pulau Kapoposang yang memiliki surga bawah dan atas air laut.
4. Karena tidak ada kapal reguler menuju pulau Kapoposang, sehingga anda harus menyewa perahu jolloro dari gondong bali. Lanjutkan perjalanan dengan menyewa perahu ke pulau kapoposang yaitu sekitar 100 ribu dengan estimasi waktu 30 mnit dengan jarak 3 mil. Anda juga bisa berbagi misalnya 5 orang membayar masing-masing 20 ribu.
5. Untuk akses balik kamu bisa membuat perjanjian dengan pemilik perahu jolloro untuk dijemput dengan waktu yang telah disepakati kembali ke pulau Gondong Bali
6. Kembali ke Makassar kapal regulernya adalah setiap rabu dan sabtu namun anda bisa bertanya karena ada juga yang biasanya setiap hari ke makassar dengan biaya yang lebih.

Kapoposang Island
         Dengan biaya murah tentunya ada kekurangannya. Anda harus menyiapkan waktu luang yaitu waktu untuk pulang balik pada hari rabu dan sabtu bila ingin kepastian perjalanan. Jangan lupa juga minum anti mabuk laut bagi anda yang sering mabuk kendaraan karena perjalanan ke Taman Wisata Perairan (TWP) Kapoposang lumayan sob.
       Sudah ada info murah jadi anda bisa menghemat biaya dari Rp. 1.200.000 menjadi  Rp. 90.000 untuk pulang pergi. Untuk penginapan beserta makannya anda bisa mendapatkan yang murah yaitu 150.000… Sekali lagi... Sekedar saran untuk para traveler karena kepulauan kapoposang adalah daerah konservasi sekali lagi ada baiknya anda turut menjaga kelestarian pulau dan bawah laut dengan tidak mengambil hewan-hewan yang dilindungi termasuk penyu dan kima serta tidak membuang sampah disembarangan tempat. Saya kira semua traveler sudah tahu aturan tidak tertulis itu… Wajib ya menjaga lingkungan setelah membaca cara termurah ke pulau kapoposang..Ok. Enjoy your trip…

You Might Also Like

0 comments: