SUIJI Program Experience 2012

07:54 Baso Hamdani 0 Comments

basohamdani.com - SUIJI Program Experience 2012 | Ada kalanya ketika bertekad dengan sebuah impian yang telah terpatri dalam diri akan menjadi kenyataan bila Tuhan menghendaki. Awalnya saya bermimpi untuk menginjakkan kaki di negeri sakura dan negeri kangguru sejak masih SMP. Alhamdulillah berkat usaha yang keras bisa menyelesaikan impian itu pada masa mahasiswa. Semoga tulisan ini juga bisa menginspirasi teman-teman untuk meraih kesempatan emas di Jepang dan inilah salah satu pintu gerbangnya yaitu SUIJI. 
Penulis di Ehime University
       Six University Initiative Japan - Indonesia (SUIJI) adalah kerjasama enam universitas masing masing 3 dari universitas yang ada di Indonesia yaitu Universitas Hasanuddin, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Pertanian Bogor sedangkan dari Jepang yaitu Ehime University, Kagawa University, dan Kochi University. Kerjasama ini sudah dilakukan dari tahun 2011. Kerjasama itu berupa Service Learning Program (SLP) untuk tingkat mahasiswa S1 dan Joint Degree Program Master Course (JDP-Mc) untuk tingkat S2. Kerjasama ini fokus bidang Suistainable Tropical Agriculture. (Sumber: leaflet konsorsium SUIJI di Bogor, 2014)
"Sosialisasi di SMK" KKN di Malangke, Palopo
        Salah satu program yang saya ikuti adalah kerangka kerja SUIJI dalam membangun sinergis Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Indonesia dan Service Learning Program (SLP) di Jepang atau dengan kata yang biasa kita sebut KKN Internasional. Persamaan dari program tersebut adalah sama-sama Student Service hanya saja di Jepang hal tersebut masih baru diterapkan dan dalam durasi waktu yang pendek sekitar 3 minggu. Dalam program saya tepatnya pada tahun 2012 berjalan selama 1 semester. Kami melaksanakan KKN di Indonesia di beberapa tempat seperti di Palopo, Bantaeng, Takalar, Jeneponto dan Kepulauan Spermonde. Banyaknya tempat yang kami jadikan sebagai tempat KKN benar-benar mendapat pengalaman luar biasa mulai dari pegunungan hingga lautan. Program yang kami lakukan berbeda-beda seperti pengajaran di sekolah-sekolah, sosialisasi, penanaman sagu, destilasi air, pengumpulan data dan lain-lain . Program kami dilaksanakan dengan berkolaborasi dengan mahasiswa Jepang selama 3 bulan. 
       Study Tour satu bulan selanjutnya kami melaksanakan SLP di pedesaan. Namun yang kami rasakan lebih beda sedikit, kami memang membantu masyarakat di Jepang namun kami banyak belajar juga. Misalkan saja kami belajar di perusahaan-perusahaan yang berbasis di desa dan mempelajari banyak hal dengan jadwal agenda yang padat.
Kapal Cinta Laut, KKN spermonde
Desain kolaborasi KKN dan SLP menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa yang berbeda negara. Misalkan saja mahasiswa Jepang yang datang di Indonesia yang tergabung dalam program ini akan menerapkan prinsip KKN. Sedangkan kami mahasiswa Indonesia menerapkan sistem SLP di Jepang. Setelah selesai KKN di Indonesia kami melanjutkan SLP di Jepang selama 2 bulan. Di bulan pertama kami mengisi waktu untuk belajar tentang Jepang, Kuliah, dan
Suasana Perkuliahan
     
Sahabat di Jepang, Gunung bersalju menjadi sarana kedekatan kami
         Setelah semua terselesaikan dengan keringat yang luar biasa mengucur selama 5 bulan yaitu 3 bulan di Indonesia dan 2 bulan di Jepang pada akhir sesi kami di berikan kesempatan menikmati kota-kota populer yang ada di Jepang dengan berbagai sarana hiburan yang asyik. Ini dia perjalan kami selama KKN -SLP International : Palopo-Takalar-Jeneponto-Bantaeng-Kepulauan Spermonde-Ehime-Kochi-Kagawa-Kyoto-Nara-Osaka. Setelah kegiatan ini kami masih diberi kesempatan untuk menghadiri undangan konsorsium SUIJI di Jakarta-Tangerang-Bogor.
Konsorsium SUIJI di Bogor

Jadi semoga informasi dan pengalaman saya bisa bermanfaat sekaligus menjadi motivasi bagi pembaca termasuk adik-adik yang akan mengikuti seleksi program ini. Program ini sama dengan Pertukaran Pelajar... GOood LuUUcck

You Might Also Like

0 comments: