World Book Day

01:43 Baso Hamdani 0 Comments

basohamdani.com - World Book Day | Hari buku sedunia diadakan tepatnya 23 April. Walaupun sibuk skripsi tapi untuk hari ini tak akan terlupa as a book lover, I like that day (23 April 2014). Budaya membaca ciri bagi pecinta buku. Mungkin karena lingkungan, saya sangat terbiasa dengan membaca barang ini. Keluarga kami sangat mencintai buku, bahkan buku-buku lama masih dari kecil disimpan rapi tak tersisa. Kami memahami bahwa barang berharga adalah buku setelah Al-Quran. 
       Dunia perkuliahan memperkenalkan saya banyak pengetahuan lebih dari sebelumnya. Motivasi untuk membaca dan membeli buku semakin tinggi. Melihat dunia melalui buku, mengenal yang jauh dan memahami yang dekat. Menyelami dunia melalui pikiran orang lain dengan diberkati pengetahuan lebih. Untuk kebiasaan saya menyisahkan uang untuk membeli buku minimal tujuh dalam sebulan dengan syarat harus dari hasil keringat sendiri. Yang saya sangat sayangkan adalah ketika anak muda yang ruangannya tidak ada buku dan yang ada hanya perlengkapan game. Untuk tingkat modernitas mungkin lebih, tapi dari pandangan saya hal itu sangat miris sebagai generasi muda. Betapa tidak sampai sekarang saya merasa sering baca banyak buku tapi tetap merasa kurang ketika melihat tumpukan buku apalagi orang yang tidak suka baca buku tapi bergelut di akademik. 
Dokumentasi Pribadi. Lokasi; Singapore.
      Hari ini juga kita mengapresiasikan kepada semua pengarang buku atas sumbangsihnya kemajuan sosial termasuk peradaban manusia, membagikan ilmunya dan perjuangannya yang tidak mudah. Buku merupakan barang yang tidak lekang oleh waktu. Namun untuk mendapatkannya terkadang kita terbatas oleh waktu dan ekonomi. Yang ingin saya tekankan pula adalah budaya membaca seharusnya ditingkatkan bukan hanya melalui buku yang bisa kita pegang tapi sesuai dengan zaman sudah banyak tersedia ebook selain tidak mengambil ruang juga banyak fitur yang bisa digunakan. Namun menurut saya sebaik-baiknya buku elektronik akan lebih indah bila bisa kita rasakan lembar per lembar dalam bentuk kertas. Sekali lagi selamat "Hari Buku". 

You Might Also Like

0 comments: