Mekar dan Retak di Pengabdian

19:00 Baso Hamdani 0 Comments

       Begitu mengasyikkan dan sekaligus menjadi suatu pengalaman yang berharga bagi beberapa mahasiswa. Bertualangan sekaligus mengabdikan diri, menyulusuri pedesaan dengan naik mobil truk atau bus. Terlebih lagi bagi mereka yang harus naik kapal atau pesawat sebelumnya. Bersama mereka yang belum dikenal baik, dari latar belakang jurusan yang berbeda namun satu almamater bahkan beda almamater. Kadang kala beberapa dari mereka belum bisa beradaptasi dengan keadaan desa yang indah serta berbagai fasilitasnya yang sangat minim terutama urusan air mengalir, kecil dan besar. 
      Bukan hal yang mudah untuk jauh dari orang-orang terdekat dan kemudian bergabung dengan orang yang banyak belum dikenal serta lingkungan yang baru. Sekitar dua bulan waktu yang diperlukan untuk kembali ke habitat asli. Merencanakan dan melakukan program kerja untuk mengabdi melalui ilmu yang telah didapatkan selama perkuliahan, masak bersama, rekreasi bersama dan lain-lain merupakan gambaran aktifitas kecil dari kampus untuk desa. 
       Rasa persaudaraan akan muncul sendiri terutama nilai kekeluargaan yang timbul dimana para mahasiswa tinggal di rumah masyarakat. Kegiatan KKN itu lah awal dari persemian hubungan kekeluargaan. Begitu pula tentang yang sedang bersemi sebut saja dia yang tak terlihat bernama "Cinta". Ada yang hanya iseng-iseng mengejar bunga desa, atau bahkan menjalin relasi pacaran. Cinlok alias cinta lokasi juga hal yang sudah biasa dijumpai. Yang belum pernah pacaran pun bisa ketiban jatuh hati dalam prosesi dua bulan ini. Sarannya sih yang tetap menjunjung tinggi tidak pacaran mendingan tidak usah pacaran, Stay cool saja dengan tujuannya. Mungkin saja yang langsung taaruf lebih baik kalau memang sudah jatuh hati, intinya tergantung hati kalian sob. 
      Beberapa penyakit yang hinggap bagi mereka yang mungkin saja galau karena jauh dari si Dia yang sudah lama pacaran adalah jarak. Mereka terpisah oleh jarak yang hingga ratusan kilometer membuat mereka tanpa pertemuan langsung. Apalagi bila ketiban pada desa yang memiliki jaringan low, komunikasi bisa putus coy tak ada kabar. Perhatian si dia juga sudah tidak terasa, ditambah lagi yang lagi KKN sibuk dengan aktifitas program kerjanya. Mana lagi banyak teman yang lebih perhatian, dan lebih peduli. Naluri laki-laki pastinya akan melakukan kepedulian pada cewek dan lebih perhatian. Tidak banyak dari mereka merasa lebih klop. Jadilah cinta itu bersemi. Ada yang cinlok bahkan ada yang selingkuh. Tragis coy... Bagi yang diselingkuhkan, sabar ya cinta itu tidak akan kemana. Mungkin saja pada saat itu dia hanya melihat lebih baik dari anda. Siapaun dia pasti mau yang lebih baik, tapi hati tidak bisa bohong coy... yang jelas satu yang kamu yakini kalau kau yakin dengan dia, serahkan pada-Nya dan jadilah orang yang kuat, menunggu maksudnya. Dia akan kembali, kalau tidak berdoa supaya ada yang lebih baik. 
       Selepas dari KKN ini pasti banyak yang bersemi seiring dengan retaknya hubungan mereka. Lagi-lagi selepas KKN berlanjutnya pacaran itu. Tidak sedikit dari mereka ada yang korban. Bikin galau coy....Dari  Jodoh pun bisa berawal dari kisah KKN ini. Tentunya KKN bukan memiliki tujuan seperti itu tapi untuk satu hal mengenai bersemi pastinya underground cinta menjadi moment mengesankan.... dan terpenting adalah rasa persaudaraan mekar yang paling utama.
        
       

You Might Also Like

0 comments: