Tips Menghemat Anggaran Perjalanan, Yuk cobain hotel murah di Surabaya

00:26 Baso Hamdani 0 Comments

Melakukan perjalanan wisata ke luar kota adalah hal yang menyenangkan. Dengan aktivitas ini, kita bisa melihat berbagai perspektif baru yang tentunya mengandung nilai-nilai yang bermanfaat. Namun, perjalanan yang tidak direncanakan dengan matang, kebanyakan gagal di tengah jalan. Karena itu, dibutuhkan persiapan yang lengkap dan tepat agar tujuan perjalanan benar-benar tercapai.
Salah satu poin penting yang perlu dibahas dalam agenda perjalanan adalah anggaran yang dibutuhkan. Dalam hal ini, kita bisa menggunakan berbagai trik untuk mengurangi jumlah pengeluaran. Contohnya, saat berkunjung ke Kota Pahlawan, kita bisa memilih untuk menginap di salah satu hotel murah. Salah satu caranya adalah dengan mengulik Traveloka.

Lalu, apa sajakah trik-trik lain yang bisa Anda terapkan untuk menekan biaya perjalanan selama menginap di hotel murah di Surabaya tersebut? 
1.     Pilih hotel yang menawarkan layanan sarapan

Source: flickr - velkr0
Mungkin terdengar sepele, tetapi sarapan adalah hal yang penting. Setelah sarapan, seseorang bisa melakukan aktivitas hariannya dengan penuh energi dan maksimal. Sebaliknya, jika tidak sarapan, tubuh Anda pasti akan kekurangan tenaga. Anda tentu tidak ingin rencana bepergian menjadi kacau karena tubuh kurang fit, bukan?
Biasanya, pihak hotel memberikan pilihan kepada pemesan kamar. Apakah dia menginginkan tipe kamar yang dilengkapi dengan layanan sarapan atau tidak? Tentu saja, harga sewanya berbeda.
Jika ingin menghemat anggaran, ada baiknya Anda memesan kamar yang sepaket dengan layanan sarapan. Mengapa demikian? Ada beberapa alasan yang perlu Anda pertimbangkan.
Pertama, Anda mungkin tidak terlalu mengenal daerah hotel tempat Anda tinggal saat ini. Mencari sarapan di pagi hari bisa jadi malah akan merepotkan diri sendiri. Kedua, Anda mungkin akan membutuhkan alat transportasi jika tinggal di daerah yang tidak terlalu ramai demi untuk mencari sarapan. Ini berarti Anda perlu menyiapkan pengeluaran ekstra. Ketiga, ada tenaga ekstra yang harus dikeluarkan. Keempat, harga makanan yang dijual di luar hotel belum tentu murah. 

2. Pilih lokasi hotel yang dekat dengan sarana transportasi umum


Source: Frenavit.com/
Ada hotel tertentu yang letaknya berada jauh dari akses transportasi umum. Untuk menuju ke mana-mana, kita harus berjalan kaki, naik ojek, atau memesan taksi. Kondisi ini tentu tidak fleksibel. Biaya yang dibutuhkan pun bisa membengkak.
Saat Anda menginap di hotel murah di Surabaya, pastikan lokasinya tidak terlalu terpencil. Semakin dekat ke jalan utama tentu semakin baik dan praktis. Anda pun akan memiliki banyak pilihan sarana transportasi murah, termasuk bus atau angkutan kota (angkot). Saat ini juga sudah angkutan online tersedia di beberapa sudut kota sehingga memungkinankan ada lebih cepat dalam berkendara melewati tantangan kota. 

3. Pilih hotel yang dekat dengan lokasi tujuan wisata
Source: Pegipegi.com

Bukan hanya itu, memilih hotel yang dekat dengan lokasi tujuan wisata akan membuat perjalanan Anda lebih singkat dan efektif. Artinya, Anda tidak perlu mengeluarkan dana ekstra untuk membayar biaya transportasi. Waktu dan tenaga pun bisa dihemat untuk menikmati perjalanan. 

4. Pilih hotel yang menyediakan fasilitas perlengkapan mandi
Source: flickr - Moyan Brenn
Akan sangat baik jika Anda telah mempersiapkan segala sesuatu sebelum berangkat wisata, termasuk perlengkapan mandi. Lalu, bagaimana jika tidak? Anda tentu harus mempersiapkan pengeluaran tambahan untuk membelinya.

Salah satu trik yang bisa menolong Anda adalah memilih hotel murah di Surabaya yang juga menyediakan fasilitas perlengkapan mandi, mulai dari sabun mandi hingga handuk. Dengan demikian, Anda terbebas dari keharusan membeli perlengkapan mandi baru di tempat tujuan nanti.

5. Rencanakan perjalanan bersama

1Source: flickr - Eduardo Merille
Menginap di hotel murah adalah kesempatan untuk berkenalan dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. Bukan tidak mungkin, Anda dan mereka bisa menjalin pertemanan baru. Untuk menghemat biaya perjalanan, Anda juga bisa mengajak mereka untuk bersama-sama mengunjungi sebuah tempat wisata. Supaya lebih ringan, biaya perjalanan bisa ditanggung bersama. 

6. Hemat air minum
2Source: flickr - Brad.K

Memang lebih mudah untuk membeli air kemasan saat hendak pergi ke mana-mana. Namun, membeli air kemasan setiap saat tentu bisa membuat kantong Anda jebol. Untuk mengurangi pengeluaran, Anda bisa mengisi botol air minum dengan air gratis dari hotel sebelum memulai perjalanan.
Bepergian memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun, orang yang cerdas harus bisa mencari cara terbaik untuk menekan jumlah pengeluaran. Berwisata sebenarnya tidak harus mewah, kok. Yang penting adalah bagaimana kita bisa menikmatinya dengan maksimal.
Nah, sudah tau kan caranya. Jangan lupa untuk terus meng-update informasi  di  Traveloka, ada banyak informasi yang bermanfaat yang bisa kamu temukan apabila ingin berwisata di Surabaya

You Might Also Like

0 comments: