Persiapan untuk Memulai Backpacker

12:27 Unknown 0 Comments

Welcome backpacker dan calon backpacker...
Di dalam tulisan ini  akan dibahas mengenai apa-apa yang harus disiapkan sebelum backpacking. Buat yang masih pemula jangan kuatir saya akan memberikan referensi yang anda butuhkan  mulai dari terkecil dan membuat perjalanan kamu terhambat  sehingga nantinya untuk bepergian tidak usah ragu-ragu lagi. Mari kita simak alat dan bahan apa saja yang harus kita bawa:
  1. Daypack atau ransel. Namanya backpacking  tentunya harus bawa tas punggung, Daypack menjadi unggul dalam hal ini. Carilah  Daypack yang memiliki banyak kantong dan ringan dan terbuat dari bahan yang cepat kering namun tidak mudah basah.  Tas semacam itu kamu bisa dapatkan di toko outdoor, ada baiknya daypack kamu memiliki rangka atau frame di bagian dalam, fungsinya agar supaya pembagian berat dari bahu, punggung ke pinggul menjadi rata dan terasa enak untuk dibawa. Daypack yang baik juga difasilitasi rain cover jadi tas kamu bisa terlindungi oleh hujan atau hal-hal yang bisa menyebabkan basah. Mengenai ukuran tergantung perjalan kamu misalnya saja kamu menggunakan 2-5 hari, ada baiknya kamu menggunakan ukuran 35 Liter tapi bila lebih dari 1 minggu pilihan terbaik adalah daypack yang ukurannya 45 Liter ke atas.
  2. Pakaian. Bawalah pakaian secukupnya misalnya 5 hari, jumlah baju yang dibawa berdasarkan jumlah harinya namun kamu bisa bawa 3 baju saja dan itu lebih baik.  Baju yang dibawa haruslah yang simple dan agak ringan. Jangan lupa setiap jenis pakaian kamu pisahkan sehingga kamu tidak repot mencarinya nantinya. Misalnya pakaian baju disatukan dalam kantongan begitu pula dengan jenis celana. Kecuali celana dalam, kamu pisahkan tersendiri  dalam kantong kecil dan sedikit tersembunyi serta rapi. Teman saya (red:penulis) pernah mengalami hal yang embarassing dikarenakan waktu masuk bandara ada terdeteksi logam yang dicurigai dan ternyata itu hanya gunting dalam tas sehingga petugas bandara harus membongkar tas. Parahnya adalah gunting itu satu kantong dalam semua pakaian. Jadi guys, untuk menghindari perihal seperti itu pakaian dalam kamu harus disatukan dan jangan ada yang dimasukkan benda-benda baik itu gunting kuku ataupun benda yang bisa mencurigakan.
    Pakaian yang telah dibungkus
  3.  Bahan dan Alat mandi. Bawa sabun mandimu yang cocok, pasta gigi dan shampoo. Ingat guys barang bawaain ini agak sensitif dengan alat pendeteksi di bandara nantinya. Yang harus diperhatikan adalah  cairan entah itu cairan aerosol atau gel (LAG) seperti minuman, krim, parfum, gel, semprotan dan odol kapasitas maksimum yang harus dibawah adalah 100 ml atau 100 mg serta usahakan diwadahi dalam satu tempat kantong plastik yang transparan serta ukurannya tidak melebihi 1 liter dengan ukuran maksimal 20 x 20 cm. 
    Alat dan bahan mandi yang serba kecil
  4. Alat elektronik. Untuk mendokumentasikan perjalanan anda, kamera menjadi jawabannya bila memiliki kamera SLR hal itu bisa mengabadikan momen dengan baik namun bila kamera digital biasa juga memiliki kelebihan seperti kecil dan mudah dibawa.  Bila perjalanan anda ke luar negeri yang harus anda bawa adalah Universal Adaptor, barang ini bisa kamu dapatkan di toko elektronik yang lengkap karena terkadang sukar ditemukan. Fungsinya adalah adaptor untuk colokan. Di Indonesia memiliki colokan dua namun beda dengan Australia dan Malaysia yang memiliki colokan tiga, sedangkan di Jepang memilki colokan dua namun memiliki bentuk yang berbeda, masalah ini bisa dijawab oleh universal adaptor. 
  5. Uang. Ini juga menjadi prioritas bawaan, kenapa karena banyak hal yang harus dilakukan menggunakan uang pastinya. Bawalah uang secukupnya sebagai seorang backpacker yang baik kamu telah mengatur semua pengeluaran selama perjalan jadi kamu bisa kontrol diri namun kamu bisa bawa backup di kartu ATM. Bila destinasi anda negeri, ada baiknya kamu telah menukarkan rupiah anda ke dalam mata uang negara yang akan anda tuju. Di Indonesia penerbangan dikenakan biaya seperti airport tax domestik sebanyak 40 rb dan internasional sebanyak 150. Biarpun anda ke negara lain rupiah harus tetap dikantong. Pembayaran airport tax ini harus benar-benar ada di sisa-sisa pengeluaran kamu. Hal ini pernah terjadi pada teman orang Jepang saya waktu ingin kembali ke negaranya. Dia tidak bisa naik ke pesawat hanya gara-gara tidak bisa membayar airport tax dan membuatnya harus tinggal di Indonesia untuk beberapa hari lagi dan membeli tiket baru. So, guys uangnya jangan dihamburkan semua ya, harus ada yang tersisa. Untuk alasan keamanan, jangan simpan uang kamu disatu tempat saja sehingga bila nantinya hal yang tidak diinginkan terjadi seperti copet kamu punya cadangan uang lain. Masih mengenai uang, usahakan kamu memiliki uang kecil sehingga kamu bisa meminimalisir pengeluaran.
    Uang negara yang dituju dan rupiah
  6. Rain Coat. Untuk mnghindari hujan yang bisa menurunkan sistemimun kamu, ada baiknya kamu memilih rain coat tipe jacket sehinggakamu bisajuga memakainya sebagai jaket. Ini sangat berguna misalnya pada saat jalan dan bersepeda motor.
    Rain Coat
  7. Alas kaki. Baiknya anda memakai sepatu yang sporty dan kuat karena anda akan banyak jalan dan ada baiknya kamu bawa sandal juga. Namun destinasi seperti pulau dewata Bali membawa sandal itu sudah cukup karena kita akan banyak bermain dengan pantai atau daerah-daerah yang basah. 
  8. Aksesories. Ada beberapa aksesoris yang harusnya seorang backpacker punya seperti tas kecil untuk menyimpan pasport, sunglasses ataupun kaca minus kamu, MP3 beserta headsetnya untuk mengurangi kebosanan perjalanan jauh, untuk melengkapi kamera pasangkan tripod namun karena medan yang brubah-ubah kamu bisa memilih tripod jenis gurilla yang bisa menyesuaikan bentuk pijakan  dan lain-lain. Nah gimana sudah dapat info yang cukup jadi anda tidak usah ragu jadi backpacker, mari kita lihat surga lain di seluruh belahan dunia ini  
Photos
Photographer: Baso Hamdani

You Might Also Like

0 comments: