Hari Pahlawan

18:46 Baso Hamdani 0 Comments





basohamdani.com - Hari Pahlawan |
"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya " (Soekarno-Pidato Hari Pahlawan 10 November 1961).

Tepatnya hari ini saat penulis menulis catatan ini tgl 10 November 2013. Saya termasuk orang yang hampir lupa dengan pentingnya hari ini yaitu hari pahlawan. Untungnya ada pesan singkat dari admin Kemkominfo, itu sangat mengingatkan saya. Setidaknya itu hal kecil namun menurut saya memiliki pengaruh besar bagi para pemuda saat ini yang sedang tertidur atau bahkan lagi asyik sendiri dengan kesibukannya. Merenungkan dan mengheningkan cipta sejenak sebagai tanda menghargai para pahlawan kita. 
       Hari pahlawan sendiri muncul atau berawal dari pertempuran terbesar setelah kemerdekaan yang pernah dilakukan oleh pahlawan kita demi sebuah revolusi hingga memakan banyak korban di kota pahlawan yaitu Surabaya. Negara kita telah merdeka berkat pahlawan kita, bayangkan ketika bangsa kita belum merdeka. Belanda masih belum minggat dari negara kita yang telah ratusan tahun menjajah. Mungkin saat ini kita telah didominasi oleh bangsa berkulit putih. 
       Penulis juga sangat terkesan waktu ke Benua Kangguru, Australia. Waktu itu di Darwin, saya hanya kasihan dengan bangsa asli australia yaitu aborigin berkulit hitam sementara yang mendominasi adalah para pendatang baru yang menjadi penguasa dari bangsa eropa. Mereka bagaikan "pengemis" dalam istilah kasarnya di negeri sendiri. Walaupun mereka katanya diberi hak yang sama, namun dari mata kepala saya bahwa itu kurang adil bagi mereka. 
       Untungnya pada masa-masa dulu kita memiliki pahlawan yang hebat. Tapi, mempertahankan itu yang juga susah. Bahkan bung karno pernah berkata dengan maksud kurang lebih seperti ini bahwasannya  mungkin kami tidak telalu sulit melawan bangsa lain untuk kemerdekan namun yang tersulit adalah ketika kita melawan bangsa kita sendiri. Benar saja yang dikatakan oleh tokoh sekaligus orang yang paling kubanggakan bung Karno, saat ini korupsi merajalela dan itu dilakukan oleh orang sebangsa kita parahnya di negeri kita sendiri. Bahkan banyak lagi contoh yang lain. 
      Tidak sekedar hanya mengetahui sejarah, sebagai generasi muda bukan lagi kita berjuang dengan perang, dengan bambu atau dengan pistol. Tugas kita adalah belajar yang baik, berperang di bangku sekolah melakukan yang terbaik bukan hanya untuk diri sendiri namun juga untuk orang lain dan peduli kepada bangsa dan negara menjadi pemuda yang berbakti demi Negeri Indonesia yang tercinta...
SELAMAT HARI PAHLAWAN.... 


Photo
Photograper: Dahlan

You Might Also Like

0 comments: