Persiapan Memasuki Dunia Kuliah

04:27 Baso Hamdani 0 Comments


basohamdani.com - Persiapan Memasuki Dunia Kuliah | Putih abu-abu, dunia remaja yang paling berkesan... Istilah gaul-gaul galau-galau  sudah tidak asing di telinga para usia-usia anak muda. Bagi yang menduduki kelas 3 SMA atau sudah akan memasuki masa perkuliahan merasa worry bakalan apa nantinya kalau sudah menyelesaikan masa belajar di bangku SMA. Bukan cuma itu rasa was-was menghadapi hantu berbadan putih berloreng hitam berbalutkan map coklat bernama soal Ujian Nasional menjadikan para pelajar menjadi parno. Guys... tidak usah terlalu memikirkan hal itu yang terpenting adalah kamu harus belajar dan berdoa.. Anggap saja lembaran soal UN adalah sahabatmu yang paling dekat yang lama tidak berjumpa dan akan membawamu menggapai masa depan yang gemilang... Oiya harus action jangan malas-malasan.. kalau malas-malas nanti hasil ujian nasionalmu malas memberi angka diatas 5.5 juga sebagai nilai standar dinyatakan lulus... Dalam edisi kali ini penulis gak membahas banyak mengenai ujian nasional tapi akan membahas bagaimana persiapan adik-adik memasuki dunia perkuliahan...Berikut kita runut satu-satu yah..

    1. Perbaiki yang bisa diperbaiki dari sekarang.  Rasanya lama juga yah menunggu kapan masa kuliah itu akan datang. Mmm.. dari pada merenung mending perbaiki deh yang ada sekarang. Perbaiki akademik adik-adik bila masih di bangku sekolah, belajar yang giat. Ketahui minat dan bakat dan terus asah, termasuk asah bakat seni dan olahraga kalian.
    2. Raih pintu gerbang cita-citamu. Adik-adik yang bingung mau jadi apa nantinya, coba tanya diri sendiri mau jadi apa sih nantinya. Misalkan saja mau jadi dokter, pastinya kamu gak pilih jurusan teknik kan? tentunya  kamu pilih jurusan kedokteran. Mulai dari sekarang kamu harus mempersiapkan minimal 2 jurusan pilihan kamu, karena pada saat test masuk perguruan tinggi akan ada beberapa jurusan yang akan dipilih maksimal 3 jurusan. Jadi jangan sampai adik-adik nanti lulus dan jurusannya tidak disukai. Bila adik-adik memutuskan atau sudah diterima artinya adik-adik harus menyukai apa yang anda pelajari nanti di jurusan yang diambil. Jangan malas berkonsultasi dengan orang terdekat kalian orang tua, kakak, senior yang ada di universitas atau guru kalian mengenai seluk-beluk jurusan yang akan kamu pilih. Misalnya saja ketiga jurusan ini Perkapalan, Pelayaran dan Kelautan. Walaupun di pikiran kita itu sama tapi kenyataannya itu beda sekali.  Jadi jangan sampai salah pilih. Ada loh teman saya yang sudah semester 7 di teknik namun karena tidak suka dia harus berkorban mengulang lagi dari semester awal untuk meraih cita-cita sebagai guru. Tidak ada yang salah, namun kita akan rugi waktu banget dik. Makanya harus MATANG untuk memutuskan memilih jurusan.
    3. Beasiswa. Tidak ada salahnya baik adik-adik yang mampu juga terutama yang merasa kurang mampu secara finansial, sebaiknya mulai dari sekarang hunting beasiswa. Ada banyak bertebaran beasiswa untuk adik-adik sebelum memasuki masa perkuliahan atau masa SMA. Untungnya adalah kalian tidak akan membebani orang tua untuk membayar uang iuran kuliah atau yang dikenal SPP karena pada umumnya beasiswa menanggung SPP. Banyak juga beasiswa yang memberikan uang saku yang lumayan setiap bulannya, Jadi rajin-rajin baca papan pengumuman di sekolah kalian atau kalau kalian benar-benar menginginkan besiswa coba tanya ke kepala sekolah langsung deh atau jangan berputus asa gunakan secara positif internet untuk mencari beasiswa.
    4. Beda Siswa beda Mahasiswa. Dibaca saja sudah beda tapi yang kakak maksud adalah prosesnya yang berbeda. Dikalau di masa saat kita sekolah kita sekolah dari pagi sampai tengah hari namun rutinitas berbeda di masa perkuliahan kita akan menghadapi jadwal perkuliahan yang berbeda beda hingga sore hari dan bahkan ada yang hingga malam untuk swasta. Kalian juga akan dituntut lebih kritis berpikir dan kerja yang keras. Bersiap dengan kegiatan laboratorium bagi yang mengambil jurusan sains. Namun kalian akan menikmati kesibukan ini dengan teman baru sejurusan kalian yang beragam dari berbagai kota se-Indonesia. Oiya asyiknya lagi kalian tidak akan lagi berpakaian seperti waktu kamu sekolah, yang jelas kalian berpakaian rapi dan sopan.
    5. Proritaskan Akademik. Bangku kuliah dengan banyak tantangannya membuat banyak orang tergoda dari hal-hal buruk apalagi hal-hal itu negatif. Harus diingat bahwa kalian terutama yang jauh-jauh harus sekolah di kota orang, kita dikirim untuk kuliah bukan untuk yang lain. Jadi kita harus fokus kuliah, gantungkan di depan jidat kita bahwa priorotas utama adalah kuliah. Karena ini adalah perjuangan bro... Kita rela meninggalkan masa kebahagian kita bersama keluarga demi menuntut ilmu di negeri cina...  koq negeri cina maksud kakak kota orang. Masa standar perkuliahan adalah 4 tahun dan maksimal 7 tahun. Ya.. walaupun kakak melewati 4 tahun tapi jangan dicontek ya...
    6. Unggulkan salah satu Minat dan Bakatmu. Kuliah prioritas utama bukan berarti kita tidak punya prioritas lain. Kamu tidak dituntut 3 K, Kuliah Kos Kampus. Ingat lo dik, stelah mahasiswa kalian akan terjun ke masyarakat, kalian butuh beberapa skill yang kalian tidak dapatkan di bangku perkuliahan. Ingat dosen mengajar ribuan mahasiswa jadi akan susah mengontrol kalian walaupun statusnya adalah orang tua kedua. Berberapa skill yang kakak maksud adalah bagaiman berbicara di depan umum, bekerja team work, berpikir kreatif, berprestasi tanpa melalui akademik. Jangan batasi diri kalian untuk mengikuti ekstrakulikuler atau organisasi. Kalian akan memperoleh banyak ilmu, teman atau bahkan melalui itu kamu akan sukses
    7. Belajar Mandiri. Bila kalian akan memilih kuliah di kota lain sangat disarankan mulai dari sekarang belajar mandiri. Mulai dari urusan sehari-hari seperti mencuci, memasak ataupun kalian harus mencukupi kebutuhan diri kalian bila kekurangan secara materi dengan bekerja atau lebih keren lagi bikin usaha.
    8. Olahraga. Lagi-lagi kakak harus ingatkan jaga kesehatan dari sekarang supaya kalian bisa sehat dan bisa menikmati hari-hari kalian dan lakukan dari sekarang.................... Upz..... sekedar saran, mau jadi mahasiswa yang sukses miliki hal ini: Berprestasi hingga di tingkat International, Kuliah dengan gelar cum laude dengan cara kuliah maksimal 4 tahun, IPK diatas 3.1, menjabat pengurus inti organisasi, religius dan mandiri. Yakin deh kamu bakal membanggakan orang tua dan orang disekitarmu... Jangan lupa kamu harus peduli dengan namanya kegiatan sosial. Tambahan juga buat adik-adik yang kekurangan finansial jangan berputus atas dan mengubur cita-cita kalian hanya karena permasalahan materi yang perlu adalah perjuangan kalian bisa mendapatkan beasiswa dan bekerja pada saat kuliah yang harus kamu pikirkan adalah kuliah dulu atau mengikuti ujian masuk perguruan tinggi.  Untuk pertanyaan atau konsultasi bisa adik-adik kontak saya di web ini.

Photo 
Photographer: Baso Hamdani
Place: Hasanuddin University

You Might Also Like

0 comments: